Kamis, 18 Mei 2017

Bandara Juanda Siap Beroperasi 24 Jam Selama Lebaran 2017

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda akan mengoperasikan Bandara Internasional Juanda Surabaya selama 24 jam penuh sejak H-10 hingga H+15 Lebaran 2017. Pengoperasian Bandara Juanda selama 24 jam ini sengaja dilakukan untuk melayani dan menampung penumpang yang hendak mudik dan balik Lebaran.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan yang ada di lingkungan bandara untuk membahas segala kesiapan ini,” kata General Manager PT AP I Cabang Juanda, Yuwono, Rabu (17/5).
Lebih lanjut Yuwono mengatakan jika selama ini tiap pukul 23.00 – 05.00 WIB Bandara Juanda ditutup untuk perbaikan landasan pacu atau runway. “Tetapi pada saat lebaran nanti pengerjaan tersebut akan dihentikan dan bandara akan dibuka selama 24 jam untuk melayani penumpang,” tuturnya.
Selain menghentikan sementara perbaikan runway, PT AP I juga mempersiapkan layanan lain seperti menambah jumlah petugas customer service. “Selain itu, kami juga akan membuka posko lebaran yang akan ditempatkan di Terminal I Bandara dan juga di Terminal 2 Bandara Juanda,” kata Yuwono. Posko Lebaran tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti imigrasi, bea cukai, SAR, TNI, Polri, dan sejumlah unsur yang lain.
“Saat ini penerbangan di Bandara Juanda yang awalnya diperuntukkan untuk pesawat kecil sekarang sudah bisa menampung pesawat berbadan lebar dengan jumlah penumpang sekali angkut yang mencapai lebih dari 400 orang,” imbuh Yuwono.
Pesawat berbadan lebar itu merupakan salah satu pesawat yang dipakai untuk penerbangan calon jemaah umrah langsung dari Bandara Juanda ke Madinah. “Pesawat pengangkut jemaah umroh ini berangkat 13 kali dalam sepekan,” paparnya.
Yuwono menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan berbagai persiapan untuk memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran di Bandara Juanda bisa berlangsung dengan aman dan lancar. “Termasuk dengan adanya penambahan waktu penerbangan oleh maskapai untuk mengangkut penumpang saat Lebaran tahun ini,” tandasnya.
Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga sempat meminta sejumlah bandara untuk menambah jam operasionalnya selama libur Lebaran 2017 karena kemungkinan adanya lonjakan penumpang, khususnya untuk moda transportasi udara.