Rabu, 26 April 2017

Penumpang Keluhkan Kambing Liar di Akses Jalan Menuju Bandara Juanda

Surabaya – Para calon penumpang yang hendak bepergian ke Bandara Internasional Juanda wajib berhati-hati dengan kondisi lalu lintas di sekitarnya. Pasalnya, belum lama ini akses utama By Pass Bandara Juanda kabarnya sering bermunculan sejumlah kambing liar.

Para penumpang mengeluh karena kambing-kambing yang tak diikat tersebut seringkali dibiarkan berkeliaran di akses Terminal 1 Bandara Juanda Sidoarjo. “Seharusnya akses jalan ini harus aman dari potensi apa pun. Kalau tiba-tiba kambing itu nyelonong ke jalan raya kan runyam,” kata salah seorang penumpang bernama Solkan, (21/4).
Solkan sendiri mengaku bukan hanya sekali saja menyaksikan ada kambing liar yang berkeliaran di akses T1 Bandara Juanda. Kambing-kambing tersebut kadang justru menyusuri pinggir jalan By Pass Juanda untuk memakan rumput. “Untuk saat ini memang tidak bahaya. Namun menuntut kami lebih hati-hati. Seharusnya bisa diberi tanda larangan menggembalakan,” tuturnya.
Sementara itu penjual makanan yang berada di pinggir By Pass Juanda menjelaskan jika kambing-kambing yang dibiarkan lepas di jalanan tersebut sebenarnya sudah ada penggembalanya. Namun sang penggembala memang jarang berada di lokasi. “Ada kok penggembalanya. Tapi kalau lepas begini bisa bahaya memang. Banyak mobil melaju kencang,” kata salah satu pedagang.
Akses utama ke Terminal 1 Bandara Juanda dari Aloha dan Rungkut (non tol) memang selalu terpantau ramai kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi. Tetapi di pinggir jalan terlihat sekitar 5 ekor kambing yang berkeliaran menyusuri tepi jalan akses menuju Bandara Juanda.
“Sudah sering kambing itu berkeliaran di jalan akses ke bandara. Mungkin tidak dilarang,” ucap Yatik, penjual makanan di sekitar sana. Hingga kini memang belum ada petugas yang mengamankan kambing-kambing tersebut agar tidak turun ke jalan.