Kamis, 27 April 2017

Mulai 2 Mei Garuda Buka Rute Surabaya-Sorong via Ambon, Berikut Harga Tiketnya

Surabaya – Kementerian Pariwisata RI memiliki target kunjungan wisata di Indonesia, baik internasional maupun domestik tahun ini bisa mencapai 272 juta kunjungan. Demi mendukung program pemerintah, maskapai pelat merah Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya ke Sorong via Ambon mulai tanggal 2 Mei 2017 mendatang.

VP Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Region Garuda Indonesia, Flora Izza menuturkan bahwa rute baru tersebut adalah strategi pengembangan bisnis garuda untuk meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Indonesia Timur. “Terutama di Papua, yang saat ini masih menjadi favorit adalah wisata Raja Ampat. Karena itu kami pilih rute ke Sorong, sebagai bandara terdekat menuju ke Raja Ampat,” ujar Flora, Rabu (26/4).
Dengan adanya perluasan rute penerbangan tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Papua. Penerbangan rute Surabaya-Sorong via Ambon Pulang Pergi (PP) akan dilayani setiap hari dengan pesawat jet bombardier CRJ 1000 Next Gen berkapasitas 96 penumpang (All Business Class).
Pesawat Garuda Indonesia akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju Ambon dengan GA 680 pada pukul 06.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Ambon pukul 11.10 IT. Lalu akan terbang lagi dari Ambon ke Sorong dengan GA 680 pukul 12.00 WIT dan sampai pada pukul 13.15 WIT di Sorong.
Sedangkan untuk penerbangan Sorong-Surabaya via Ambon PP juga dilayani 7 kali seminggu dan dijadwalkan terbang dari Sorong ke Ambon dengan GA 681 pukul 14.35 WIT kemudian tiba di Ambon pukul 15.35 WIT. Pesawat GA 681 akan berangkat lagi dari Ambon pukul 16.20 WIT dan tiba di Surabaya jam 16.55 WIB.
“Dengan adanya penerbangan Surabaya ke Sorong via Ambon tersebut, potensi wisata yang ada di dua daerah tersebut bisa dikenal. Selain Raja Ampat di Sorong juga ada Pantai Ora di Ambon. Serta kekayaan kuliner serta adat istiadat di dua daerah tersebut,” kata Flora.
Harga tiket rute Ambon-Sorong lebih murah, yakni mulai Rp 495.000, sedangkan rute Sorong-Ambon harga tiketnya Rp 475.000. Untuk harga tiket penerbangan langsung (direct flight) Surabaya-Sorong sekitar Rp 1,3 juta, dan Surabaya-Ambon mulai Rp 1 juta. “Load factor atau tingkat keterisian rute ini, optimis bisa mencapai lebih dari 70 persen,” ucap Corporate and Agency Manager, I Ketut Rudyarta.