Sabtu, 15 April 2017

Libur Paskah, Bandara Juanda Alami Lonjakan Jumlah Penumpang

Surabaya – Bandara Internasional Juanda terpantau mengalami lonjakan jumlah penumpang bertepatan libur Paskah pada akhir pekan ini. Kepadatan penumpang terjadi di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur sejak Jumat (14/4) pagi kemarin.

Lonjakan penumpang mayoritas berasal dari penerbangan menuju ke Bali dan Yogyakarta. Para penumpang sudah terlihat mengantre sejak di pintu masuk terminal keberangkatan hingga arah ke boarding pesawat. Selain rute ke Bali dan Yogyakarta, rute penerbangan lain di Bandara Juanda juga terlihat padat.
Berdasarkan data di lapang, terdapat lebih dari 15.000 calon penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 09.00 IB. Walaupun harga tiket pesawat di hampir seluruh rute penerbangan pada liburan panjang kali ini mengalami kenaikan lebih dari 50% dibandingkan hari biasa, masyarakat tetap antusias untuk bepergian menggunakan pesawat.
PT Angkasa Pura (AP) I Surabaya selaku pengelola Bandara Juanda mengungkapkan bahwa di awal long weekend yang jatuh pada hari Jumat (14/4) kemarin, jumlah penerbangan di Bandara Juanda mencapai 33 slot penerbangan. Setiap jam atau setiap 2 menit sekali selalu ada penerbangan yang datang dan pergi. Di samping itu hampir setiap slot penerbangan selalu terisi penuh.
Demi mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada libur panjang kali ini, pihak PT AP I pun mempersiapkan ruang tunggu tambahan di beberapa gate, khususnya di area Terminal 1 Bandara Internasional Juanda untuk menampung para penumpang yang tengah menunggu jadwal keberangkatan pesawat.
Sedangkan berdasar data customer service berbagai maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Juanda, sejumlah tiket ke berbagai destinasi tujuan yang sudah habis terjual antara lain Kota Bali, Yogyakarta, dan Lombok. Pihak maskapai pun telah menutup pemesanan tiket ke kota-kota tujuan wisata tersebut.