Selasa, 25 April 2017

Kembangkan Bandara Juanda dan Bandara Lainnya, AP I Siapkan Rp17 Triliun

SURABAYA - PT Angkasa Pura I menganggarkan dana tidak kurang dari Rp17 triliun untuk proyek pengembangan dan pembangunan bandara baru di tahun 2017 ini. Dana sebesar Rp17 triliun itu digelontorkan perseroan dari kas internal, pinjaman perbankan, hingga dana hasil penerbitan obligasi.

“Untuk melakukan pengembangan bandara, yaitu di Kupang, Manado, Surabaya, Bali, serta Makassar dan pembangunan Bandara Banjarmasin, Semarang, serta Yogyakarta, perusahaan membutuhkan dana sekitar Rp54 triliun,” jelas Direktur Utama Angkasa Pura I, Danang Baskoro. “Proyek tersebut dikerjakan secara bertahap dan tahun ini kami perkirakan anggaran sekarang di-spending Rp17 triliun.”
Ditambahkan Danang, anggaran tersebut berasal dari berbagai sumber pendanaan, di antaranya obligasi. Namun dia belum bisa menyebutkan besaran porsi dan waktu obligasi untuk mendanai proyek tersebut, karena akan menyesuaikan kondisi keuangan. “Porsi Rp17 triliun itu tergantung dari sektor keuangan dinamis, suku bunga yang memengaruhi,” sambung Danang.
“Jadi, hingga saat ini perseroan masih menunggu waktu yang tepat untuk menarik pinjaman dari bank atau bahkan menerbitkan obligasi,” lanjut Danang. “Sementara, untuk pinjaman dari perbankan, kami tengah melirik beberapa bank di dalam negeri. Tetapi, kami belum berani menentukan nominal karena jumlahnya yang besar.”
Khusus untuk Bandara Internasional Juanda, rencananya bakal dibangun Terminal 3 guna mengakomodasi kapasitas penumpang yang dinilai sudah overload. Terminal baru tersebut nantinya bakal terintegrasi dengan Juanda City, lengkap dengan mall yang megah. Sejumlah kalangan bahkan menilai kemegahan terminal ini akan mengalahkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Sayangnya, hingga saat ini, proyek pengembangan Terminal 3 di Bandara Juanda masih belum bisa direalisasikan. Pasalnya, PT Angkasa Pura I sebelumnya telah mengaku masih fokus pada pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta. Padahal, konsep desain Terminal 3 itu sudah rampung dikerjakan dan ditargetkan bisa selesai pada tahun 2019 mendatang.