Rabu, 12 April 2017

Cuaca Penerbangan di Bandara Juanda Terpantau Cerah Berawan

Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya mengumumkan prakiraan cuaca berbagai bandara yang ada di Indonesia, hari ini, Rabu (12/4) akan dilanda cuaca udara kabur. Berdasarkan data dari BMKG, sejumlah bandar udara yang akan diliputi udara kabur antara lain Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Bandara Kualanamu Deli Serdang, dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Sedangkan di sebagian besar bandara lainnya seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Sultan Hasanuddin akan diliputi cuaca berawan. Sementara itu di Kota Surabaya pada siang hari diperkirakan akan dilanda hujan sedang dan malam hari dilanda hujan ringan.
Pihak BMKG juga memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang atau sore hari di sejumlah wilayah Jawa Timur seperti Batu, Ngawi, Ponorogo, Magetan, Nganjuk, Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Madiun, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.
Di Bandara Internasional Juanda sendiri siang ini cuacanya terpantau sedang cerah berawan serta sejumlah penerbangan dari dan menuju ke berbagai destinasi pun berjalan lancar. Sebelumnya BMKG Juanda juga sempat memperingatkan potensi terjadinya hujan deras disertai petir akibat terjadinya tekanan rendah udara di lima lokasi.
“Saat ini dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya pembentukan pusat tekanan rendah di lima titik memanjang di perairan Selatan Jawa, Laut Aru dan di Papua Nugini,” ujar Prakirawan BMKG Juanda, Ari Pulung Baskhoro. Tekanan udara rendah di lebih dari dua titik ini telah mempengaruhi cuaca di Indonesia, termasuk Jawa Timur berupa angin kencang.