Kamis, 23 Maret 2017

Perbaikan Runway di Husein Sastranegara, Pesawat dari Bandara Juanda Tertunda

Bandung – Bandara Husein Sastranegara mengalami perbaikan landasan pacu (runway) pada Rabu (22/3) malam. Akibatnya, Bandara Husein Sastranegara pun ditutup sementara dan beberapa penerbangan pun terkena dampaknya.

Menurut Humas PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Husein Sastranegara, Mabruri J, penutupan Bandara Husein Sastranegara berlangsung selama 2 jam karena adanya perbaikan landasan pacu. “Ada sedikit perbaikan di runway. Makanya terbit notam (notice to airman) dengan validitas pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.30 WIB,” ujar Mabruri, Rabu (22/3).
Lebih lanjut Mabruri mengatakan jika ada bagian runway yang sedikit terkelupas, oleh sebab itu pihak AP II langsung melakukan perbaikan. “Sedikit terkelupas, jadi dilakukan penambalan. Pada intinya kami melakukan perbaikan karena semata-mata hanya untuk mengedepankan keselamatan penerbangan,” papar Mabruri.
Karena perbaikan runway tersebut, 3 pesawat kedatangan dari Yogyakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Kuala Lumpur pun terpaksa mengalami penundaan (delay). Di samping itu keberangkatan satu pesawat dari Bandara Husein Sastranegara menuju ke Kuala Lumpur juga tertunda.
Pesawat dari Yogyakarta ke Bandung pun terpaksa dialihkan pendaratannya ke Bandara Soekarno-Hatta. Para penumpang pesawat Lion Air rute Yogyakarta-Bandung pun akhirnya harus menunggu di Bandara Soetta Jakarta sampai pukul 21.00 WIB. “Pihak Lion Air akan memberikan informasi bisa landas ke Bandung atau tidaknya nanti pukul 21.00,” jelas salah seorang penumpang bernama Fuady.
Saat ini Bandara Husein Sastranegara sudah kembali dibuka dan sejumlah penerbangan menuju ke Bandung pun kembali beroperasi dengan normal.