Kamis, 16 Maret 2017

Pemprov Butuh Dukungan Kementerian PUPR untuk Kembangkan Bandara Juanda

Surabaya – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul berharap pembangunan infrastruktur di kawasan Jatim bisa merata. “Kita berharap pembangunan seluruh ruas jalan tol di Jawa Timur ini dapat tuntas,” ujar Gus Ipul di Hotel Mercure, Surabaya, Selasa (14/3) malam.

Di samping itu, Pemprov juga berencana memperkuat pelabuhan, sehingga nantinya masyarakat tidak hanya mengandalkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saja, melainkan juga memanfaatkan pelabuhan di Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. “Hal ini dalam rangka memangkas biaya logistik. Berlabuh di Surabaya lebih mahal dibandingkan berlabuh di Probolinggo,” jelasnya.
“Selain itu, juga Bandara Juanda akan terus dikembangkan, dengan didukung oleh Kementerian PUPR untuk penyelesaian dan percepatan penambahan landasan,” imbuh Gus Ipul. Dukungan untuk menangani irigasi demi peningkatan produksi pertanian pun juga sangat diharapkan, terutama karena Jatim adalah basis pertanian nasional.
“Pembangunan beberapa bendungan dalam rangka memenuhi kebutuhan tidak hanya untuk pertanian, tapi juga air baku bagi masyarakat. Misalnya, jika umbulan sudah jadi membantu masyarakat Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Akses air masih belum maksimal sekitar 70 persen,” kata Gus Ipul.
“Jalan berlubang dan peningkatan kualitas jalan diperkirakan bisa tuntas selesai bulan depan, sehingga para pengemudi menjadi lebih nyaman, sekaligus menyongsong Idul Fitri keadaan lebih baik tidak seperti sekarang cuaca masih ekstrem,” sambungnya.
Dengan diselenggarakan konsultasi regional oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) ini menurut Gus Ipul bisa membantu pemerintah setempat untuk membuat perencanaan pembangunan yang lebih akurat. “Sehingga bisa diketahui tolak ukur keberhasilannya dengan mengutamakan skala prioritas,” pungkas sang Wagub.