Jumat, 17 Maret 2017

Over Capacity, Terminal 1 Bandara Juanda Bakal Didesain Ulang

SURABAYA - Bandara Internasional Juanda saat ini dinilai tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang makin membeludak. Berhubung proyek Terminal 3 di bandara tersebut harus tertunda, PT Angkasa Pura I selaku operator Bandara Juanda berencana mendesain ulang terminal yang sudah ada.

Menurut rencana, desain ulang akan difokuskan di Terminal 1 yang saat ini melayani penerbangan domestik dan umrah, terutama di ruang tunggu. Sekadar informasi, saat ini Terminal 1 Bandara Juanda memiliki 12 ruang tunggu umum, ditambah dengan satu ruang tunggu untuk jamaah umrah. “Masalahnya adalah, penggunaan ruang tunggu kerap tidak seimbang. Ada ruang tunggu yang sangat penuh, ada juga yang kosong,” jelas Kepala Seksi Communication & Legal PT Angkasa Pura I Juanda, Anom Fitranggono.
“Setidaknya, wajah Terminal 1, khususnya di ruang tunggu, akan diremajakan 70 hingga 80 persen,” sambung Anom. “Nantinya, pihak perusahaan akan mengatur pembagian ruang tunggu, arus penumpang keluar masuk, dan lokasi usaha dalam gedung bandara.”
Ditambahkan Anom, proyek peremajaan Terminal 1 ini direncanakan bisa dimulai pada bulan April mendatang. Saat ini, proses desain ulang Terminal 1 masih dalam tahap lelang. Diharapkan, akhir Maret ini sudah ada pemenang lelang sehingga proyek bisa segera dimulai. “Proyek renovasi itu sendiri ditargetkan dapat rampung dalam waktu sembilan bulan sehingga akhir tahun sudah bisa digunakan,” imbuh Anom.
Selain desain ulang, sebelumnya PT Angkasa Pura I juga berencana menambah fasilitas gedung parkir di area Terminal 1 agar semua kendaraan penumpang dapat terlindung dari panas dan hujan. Nantinya, semua kendaraan penumpang akan diparkir di gedung khusus tersebut. Gedung parkir ini sendiri bakal langsung terhubung dengan terminal.