Jumat, 24 Maret 2017

Bandara Juanda Bakal Tambah Slot Penerbangan Jadi 35 Per Jam

Sidoarjo – Setelah membuka akses penerbangan langsung ke sejumlah destinasi di Indonesia seperti ke Lampung hingga Jayapura, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur rupanya juga berencana untuk menambah slot penerbangan dari yang sebelumnya hanya 33 penerbangan tiap jam menjadi 35 penerbangan per jam.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, Yuwono, penambahan slot penerbangan ini dilakukan seiring dengan adanya renovasi di wilayah Bandara Internasional Juanda. “Kalau bandara lain slot 33 itu mungkin sudah padat, tetapi kalau di Juanda Surabaya ini masih cukup memungkinkan, dan kemungkinan penambahan rute penerbangan masih bisa dilakukan,” jelasnya.
Yuwono menjelaskan jika sementara ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk penambahan slot traffic penerbangan di Juanda. “Salah satu di antaranya adalah taxi way, apron, dan juga landasan pacu yang saat ini terus dilakukan perbaikan,” kata Yuwono.
Penambahan slot penerbangan di Bandara Juanda tersebut juga telah termasuk dalam penerbangan jalur insidentil dan VIP. “Sudah masuk dalam perhitungan tersebut, sehingga sangat memungkinkan adanya penambahan rute baru penerbangan ini,” ungkapnya.
Sebelumnya, maskapai Sriwijaya Air membuka penerbangan langsung perdana rute Surabaya-Lampung yang akan dilaksanakan setiap hari dengan jadwal keberangkatan pukul 11.50 WIB dari Bandara Juanda. “Pada penerbangan perdana kami mengangkut 133 penumpang atau 90 persen tempat duduk yang kami jual dan target kami 85 persen setiap harinya,” tutur Distrik Manager Sriwijaya Grup Surabaya, Hendrik Ardiansyah.
Selain itu Sriwijaya Air juga membuka rute direct flight dari Surabaya ke Jayapura dengan waktu tempuh 4 jam 20 menit. “Mulai Jumat 24 Februari 2017 masyarakat Surabaya dan sebaliknya orang Jayapura bisa melakukan perjalanan langsung setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 06.45 WIB,” jelas Yuwono.