Rabu, 29 Maret 2017

12 Penerbangan dari Bandara Juanda ke Bali Tak Beroperasi Saat Nyepi

Sidoarjo – Sekitar 12 penerbangan dari sejumlah maskapai di Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Ngurah Rai Bali tak beroperasi selama Hari Raya Nyepi pada Selasa (28/3) kemarin. Pihak PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda mengaku sudah memberitahukan pembatalan penerbangan ini mulai H-3 Nyepi.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Cabang Juanda, Anom Fitranggono menuturkan bahwa sejumlah maskapai tak beroperasi lantaran Bandara Ngurah Rai Denpasar ditutup 24 jam pada Selasa (28/3).
“Dari data yang masuk kepada kami terdapat sebanyak 12 penerbangan dari Bandara Juanda ke Bali tidak beroperasi selama Nyepi,” jelas Anom. Dari 12 penerbangan yang tak beroperasi tersebut terdiri dari 4 maskapai yang biasa melakukan penerbangan dari Juanda ke Ngurah Rai.
“Empat maskapai tersebut masing-masing untuk maskapai Citilink sebanyak empat penerbangan, Lion Air sebanyak empat penerbangan, Nam Air satu penerbangan, dan Garuda sebanyak tiga penerbangan,” papar Anom.
Lebih lanjut Anom menjelaskan jika hingga kini kondisi masih normal, apalagi karena masyarakat paham bahwa penundaan penerbangan dilakukan karena adanya peringatan keagamaan umat Hindu. “Sejauh ini kondisi normal dan tidak ada persiapan yang menonjol karena masyarakat juga sudah memahami untuk Nyepi ini mereka tentunya sudah mempertimbangkan jika ingin terbang ke Bali akan mengatur jadwal agar tidak terganggu,” ungkapnya.
Meski rute ke Bali sempat ditutup, sejumlah rute penerbangan lain seperti ke Jakarta, Banjarmasin, dan Balikpapan masih dipadati oleh para penumpang. “Jadwal rute penerbangan baru akan kembali berangsur normal pada Rabu besok sesuai jam penerbangan,” tandasnya.