Sabtu, 11 Februari 2017

Penerbangan Perintis Sumenep-Surabaya Beroperasi Mulai 20 Februari 2017

Sumenep – Penerbangan perdana pesawat perintis rute Sumenep via Bandara Trunojoyo ke Surabaya via Bandara Internasional Juanda akan segera diresmikan pada Senin (20/2) mendatang.

Menurut Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, berdasar informasi dari Unit Layanan Pengadaan (ULP) Wilayah I Kementerian Perhubungan RI, kontrak kerja dengan pemenang lelang penerbangan perintis akan ditandatangani pada 17 Februari 2017.
“Selanjutnya, kalau tak ada kendala teknis di lapangan, maskapai yang menjadi pemenang lelang penerbangan perintis itu akan mulai mengoperasikan pesawatnya pada 20 Februari 2017,” kata Wahyu di Sumenep, Jumat (10/2).
ULP I Kemenhub telah berupaya melakukan lelang penerbangan perintis jalur Sumenep-Surabaya sejak beberapa waktu yang lalu. Penerbangan perintis sendiri merupakan program Kemenhub dengan pembaruan kontrak yang berlangsung setiap tahun.
Untuk tahun 2017 ini Kemenhub memiliki program penerbangan perintis pada jalur Sumenep-Surabaya. Nantinya maskapai yang menang lelang akan mengoperasikan pesawat perintis selama 1 tahun ke depan.
“Jalur penerbangan perintis Sumenep-Surabaya menjadi satu paket dengan jalur Surabaya-Bawean (Gresik) dan Surabaya-Karimunjawa (Jawa Tengah),” papar Wahyu.
Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan jika pesawat dari maskapai yang menang lelang penerbangan perintis tersebut akan berpangkalan di Bandara Trunojoyo, Sumenep. Sebelumnya, PT Airfast Indonesia yang memenangkan lelang dan melayani penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya (PP) selama tahun 2016.