Sabtu, 25 Februari 2017

Mulai 1 Maret 2017 Tarif Parkir Motor & Mobil di Bandara Juanda Naik

Sidoarjo – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda akan segera menaikkan tarif parkir di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Kenaikan tarif parkir ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Maret 2017 mendatang.

“Saat ini masih kami sosialisasikan. Awal bulan Maret sudah mulai diberlakukan,” ujar General Manager PT AP I Cabang Juanda, Yuwono, Jumat (24/2) sore.
Yuwono menjelaskan bahwa tarif parkir sengaja dilakukan lantaran sudah 6 tahun belakangan tarif parkir di Bandara Juanda tidak ada kenaikan. Akan tetapi PT AP I tak melakukan perubahan tarif parkir tersebut secara mendadak. Sebab hal ini ternyata telah direncanakan sejak tahun 2015 lalu. Pihak AP I Juanda bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terkait penentuan kenaikan tarif parkir.
“YLKI sudah melakukan survei di tahun-tahun sebelumnya. Hasilnya beliau sudah memberikan rekomendasi agar ada kenaikan tarif parkir. Namun, hingga sekarang belum ada penyesuaian. Makanya kami mencoba untuk menyesuaikan di tahun ini,” papar Yuwono.
Tarif parkir sepeda motor dari yang sebelumnya hanya Rp 1.500 kini dinaikkan menjadi Rp 3 ribu. “Sedangkan untuk roda empat naik dari Rp 4 ribu menjadi Rp 6 ribu serta berlaku progresif, khusus untuk roda empat,” beber Yuwono.
Lebih lanjut Yuwono menuturkan bahwa kenaikan biaya parkir tersebut juga akan diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang ada di area Bandara Internasional Juanda. “Parkir tersebut juga sudah terlindungi asuransi, artinya seluruh kendaraan yang hilang akan diganti seratus persen sesuai dengan harga yang berlaku saat itu,” ungkapnya.
Dalam 1 bulan pihak AP I Juanda memberikan setoran sekitar Rp 1,3 miliar pada pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang berasal dari retribusi parkir. “Itu hanya dari parkir, belum dari yang lainnya seperti dari reklame dan juga dari pajak tenant yang ada di dalam lingkungan Bandara Internasional Juanda Surabaya,” kata Yuwono.
Kelak pihaknya juga berencana untuk membangun tempat parkir bertingkat yang terletak di sebelah timur Terminal 1 Juanda. “Saat ini, ada sebanyak 1.265 slot parkir untuk kendaraan roda empat dan 560 slot parkir roda dua di Terminal 1 Juanda. Dengan adanya kenaikan tarif ini, diharapkan ke depan segala fasilitas di Bandara Juanda juga bisa meningkat,” tandasnya.