Jumat, 24 Februari 2017

Bandara Juanda Bakal Jadi Tempat Parkir Rombongan Raja Arab Saudi

Jakarta – Raja Salman bersama rombongannya dari Arab Saudi akan segera berkunjung ke Indonesia pada 4-12 Maret 2017 mendatang. Kelak akan ada 3 bandara yang disiapkan menjadi tempat parkir pesawat rombongan kerajaan Arab Saudi tersebut, antara lain Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali), Bandara Juanda (Surabaya), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Kabag Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan AirNav Indonesia, otoritas bandara, dan PT Angkasa Pura (AP) I. Ketiga bandara tersebut diminta untuk mempersiapkan diri jadi tempat parkir pesawat rombongan Raja Arab.
Pesawat yang ditumpangi Raja Salman nantinya akan parkir di Bandara Ngurah Rai Bali. Sedangkan 5 pesawat pendukung yang lain juga akan diparkir di Bandara Ngurah Rai. Akan tetapi, jika kondisi tak memungkinkan, maka kelima pesawat yang lain akan diletakkan di Bandara Juanda atau Bandara Halim Perdanakusuma.
“Jadwal datang ke Ngurah Rai 4 Maret 2017, kami sudah berkoordinasi dengan Kemlu, untuk perjalanan VVIP itu, bandara akan ditutup sementara,” papar Agoes.
Sementara itu Bandara Internasional Juanda sendiri mengaku siap untuk dijadikan tempat parkir pesawat rombongan Raja Arab Saudi. Meski demikian, kedatangan Raja Arab Saudi tersebut dipastikan tak akan mengganggu operasional Bandara Juanda.
“Normal saja, karena ketempatan parkir pesawat saja. Bukan rombongan,” ungkap General Manager PT AP I Cabang Juanda, Yuwono, Kamis (23/2).
Yuwono sendiri menuturkan jika hingga kini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan belum memastikan lokasi parkir pesawat rombongan Raja Salman akan diposisikan di mana. “Sekarang masih koordinasi. Kami belum tahu berapa pesawat. Yang pasti kami sudah siap,” tuturnya.
Di sisi lain, Bandara Ngurah Rai sudah menyiapkan posko khusus untuk Raja Salman selama berada di Bali yang berisi PT AP I, AirNav Indonesia, TNI AU, dan Kepolisian. Kabarnya rombongan Kerajaan Arab Saudi akan datang dengan menggunakan pesawat Boeing B747-400, B747 Freighter, B777, B757, dan B737-800.