Selasa, 31 Januari 2017

TKI Dominasi Arus Penumpang di Bandara Juanda Selama Libur Imlek

SURABAYA - Pada liburan Imlek di akhir pekan lalu, lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Juanda memang terlihat meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Dan, dari sekian jumlah penumpang yang memadati bandara di wilayah administratif Sidoarjo tersebut, kebanyakan adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berkesempatan pulang kampung atau mudik. 

“Akhir Januari maupun awal Februari sebenarnya termasuk low season. Namun, berhubung ada Imlek, lalu lintas orang yang bepergian agak terdongkrak,” kata Mohammad Arifin, salah satu penyedia jasa perjalanan. “Dari sekian banyak penumpang, TKI dengan tujuan pulang kampung memang mendominasi.”
Ditambahkan Arifin, para TKI tersebut menggunakan penerbangan internasional dan berangkat dari Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Hong Kong. “Para TKI ini mendapat kesempatan pulang kampung ketika majikan mereka sedang libur panjang Imlek. Di beberapa negara tersebut, memang berlaku libur panjang hampir seminggu selama Tahun Baru China,” sambung Arifin.
Selain untuk tujuan pulang kampung, kepadatan penumpang di Bandara Juanda selama libur Imlek juga didominasi mereka yang hendak berlibur ke Denpasar di Bali maupun Makassar. Bahkan, saking banyaknya penumpang yang ingin berlibur ke Bali, tiket pesawat ke Pulau Dewata ludes terjual dan memaksa calon penumpang untuk membeli tiket penerbangan segera atau go show.
Di samping itu, tidak sedikit pula penumpang yang berniat melakukan perjalanan udara ke Banyuwangi untuk selanjutnya menuju Bali melalui perjalanan darat (menyeberang menggunakan kapal feri). Dan, ada pula sebagian calon penumpang yang akhirnya membatalkan perjalanan mereka ke Bali karena gagal mendapatkan tiket pesawat.