Minggu, 15 Januari 2017

Surabaya Hujan & Angin Kencang, Penerbangan di Bandara Juanda Masih Aman

Surabaya Hujan & Angin Kencang, Penerbangan di Bandara Juanda Masih Aman
Surabaya – Kawasan Surabaya diguyur hujan disertai angin kencang sejak hari Kamis (12/1) lalu. Akibat cuaca ekstrem tersebut banyak pohon yang roboh karena tertiup angin kencang.
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak, kecepatan angin mencapai 30 knot atau sekitar 50 km per jam. Prakirawan BMKG Maritim Perak, Arizal Rahman Fatoni menuturkan jika kini Surabaya dan sekitarnya memasuki musim hijan dengan intensitas yang mengalami peningkatan dari sebelumnya. “Hujan terjadi lebih lama,” kata Arizal.
Menurut Arizal, ada beberapa kawasan yang juga mengalami hujan es. Di daerah Jalan Mayjen Sungkono dan Ketintang bahkan dilanda banjir. Arizal mengungkapkan jika pasang air laut yang menjadi pemicu banjir tersebut.
Walau kondisi cuaca cukup ekstrem, hujan lebat disertai angin tersebut masih tergolong aman untuk aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda. Arizal menjelaskan jika angin lebat terjadi di sekitar Surabaya Tengah sampai wilayah Utara. Sedangkan penerbangan di Bandara Juanda memakai jalur sisi selatan. “Jarak pandang pilot juga relatif aman,” katanya.
Sedangkan untuk hari ini, Forecaster on Duty BMKG Maritim Tanjung Perak, Eko Prasetyo memprediksi jika hujan berpotensi terjadi sejak sore sampai malam hari. “Hujan hampir di seluruh wilayah perairan utara Jawa Timur. Kecuali Selat Madura dan Kepulauan Kangean,” ungkap Eko.
Ketinggian gelombang di Samudera Hindia atau pesisir selatan Jawa Timur terpantau berkisar antara 1,3 hingga 2,5 meter. “Ketinggian gelombang di Laut Jawa antara 0,5 hingga 1,5 meter,” tuturnya.