Minggu, 08 Januari 2017

Perbaikan Runway, 5 Pesawat di Bandara Juanda Alami Delay

Surabaya – Setelah sebelumnya meraih penghargaan internasional sebagai bandara besar paling tepat waktu di dunia menurut survei yang dilakukan OAG, rupanya pada Sabtu (7/1) kemari jadwal penerbangan di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo sempat mengalami penundaan. Penerbangan terpaksa ditunda karena adanya perbaikan rutin di landasan pacu (runway) Bandara Juanda.
“Iya benar, penutupan dilakukan pagi tadi pukul 05.00 WIB-06.00 WIB, sekitar 1 jam-an. Setelah itu normal kembali,” ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Internasional Juanda, Yuwono, Sabtu (7/1).
Menurut Yuwono, karena perbaikan runway tersebut, setidaknya terdapat 3 maskapai yang menunda keberangkatan dan 2 maskapai yang menunda jadwal kedatangannya. “Tadi ada 3 maskapai yang menunda keberangkatan dan 2 maskapai menunda kedatangannya,” papar Yuwono.
Lebih lanjut Yuwono mengungkapkan bahwa perbaikan rutin landasan pacu Juanda ini telah dilakukan sekitar 2 tahun. Apalagi mengingat Bandara Juanda termasuk bandara tua yang telah dibangun sejak tahun 1959 silam.
“Pengecekan dan perawatan pada runway, harus terus dilakukan. Karena ini sudah standar dari dunia,” kata Yuwono.
Yuwono mengatakan jika proyek perbaikan landasan pacu ini terus dikerjakan terjadwal secara berkala mulai pukul 23.00 WIB sampai 05.00 WIB. “Keselamatan penerbangan itu yang kami utamakan,” tandasnya.