Kamis, 26 Januari 2017

Libur Imlek, Bandara Juanda Diprediksi Alami Lonjakan Penumpang

Batam – Pada tahun baru Imlek 2568 yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2017 mendatang diperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah penumpang hingga 6% ke sejumlah tujuan daerah tertentu.

“Medan, Pontianak, serta Surabaya. Pantauan kami dari pagi khususnya untuk tujuan Pontianak full. Sudah ada kenaikan penumpang,” ujar General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis (26/1).
Pada hari ini penerbangan ke Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat dilayani maskapai Lion Air dan Citilink. “Untuk tujuan Bandara Kuala Namu Medan dan Surabaya diperkirakan juga naik, namun untuk pagi belum begitu nampak lonjakan penumpangnya,” jelas Suwarso.
Walau arus penumpang cukup padat, pihaknya mengaku jumlah penumpang tak sepadat seperti ketika musim mudik Lebaran atau libur akhir tahun. Di samping itu kondisi di depan pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam sampai siang tadi juga terlihat lebih padat dari biasanya.
Sebagian besar kaum Tionghoa yang berangkat dari Batam hendak merayakan Imlek di daerah asalnya sambil membawa barang dalam jumlah banyak. “Perkiraan kami hingga besok akan semakin padat khususnya penerbangan tujuan Medan, Pontianak, dan Surabaya. Untuk tujuan lain penumpangnya relatif normal,” ungkapnya.
Penerbangan tujuan ke Medan dari Batam tiap harinya dilayani pesawat Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan Nam Air. Sedangkan penerbangan tujuan Bandara Internasional Juanda Surabaya dilayani Lion Air dan Citilink, masing-masing sebanyak 2 kali penerbangan setiap hari.
Lonjakan penumpang saat ini masih dapat diatasi oleh seluruh maskapai penerbangan. Oleh sebab itu tak ada yang mengajukan jadwal penerbangan untuk libur Imlek kali ini. “Jadwal penerbangan saat ini masih mampu mengangkut semua penumpang yang ada,” katanya.