Minggu, 11 Desember 2016

Libur Panjang, Jumlah Penumpang di Terminal 1 Bandara Juanda Melonjak



Surabaya – Dalam momen libur panjang kali ini, terjadi lonjakan jumlah penumpang di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/12). Seluruh kursi penerbangan menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad dari rute Surabaya ke Jakarta dan Bandung telah habis terjual.
Liburan panjang yang bertepatan dengan akhir pekan hingga hari Senin besok ini membuat masyarakat memanfaatkan waktu mereka untuk berlibur dan mengakibatkan seluruh kursi penumpang pesawat telah habis dipesan sampai Minggu malam.
Walaupun ada kenaikan jumlah penumpang, sampai saat ini sejumlah maskapai masih belum menyediakan penerbangan ekstra. Pihak otoritas bandara mengungkapkan bahwa sampai saat ini masih belum menerima adanya pengajuan penerbangan ekstra untuk jadwal mulai Jumat (9/12) sampai Senin (12/12) depan.
Sebagai langkah antisipasi, PT Angkasa Pura (AP) I Juanda akan membuka pintu tambahan ‘security check point’ (SCP) mulai Sabtu (10/12) sampai Senin (12/12) agar tak terjadi penumpukan penumpang di pintu masuk penumpang.
Menurut Legal and Communication Section Head Bandara Juanda, Anom Fitranggono, langkah ini bersifat tentatif, artinya dilaksanakan sesuai kebutuhan dan juga kondisi di Bandara Juanda nantinya. Di samping itu, para petugas juga tak melakukan persiapan khusus karena libur panjang kali ini masih sama seperti liburan akhir pekan biasanya.
“Diprediksikan akan terjadi peningkatan penumpang sekitar 5-10% pada libur panjang akhir pekan seperti saat ini,” ungkap Anom. Ia memprediksi jurusan yang kemungkinan cukup padat adalah dari Surabaya ke Denpasar dan Surabaya ke Jakarta.