Sabtu, 17 Desember 2016

Lampu Indikator Terus Menyala, Pesawat Lion Air Batal Terbang ke Bandara Juanda

Jakarta – Pesawat Lion Air JT0696 rute Jakarta-Surabaya gagal mendarat di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo dan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta setelah 30 menit terbang. Pihak maskapai Lion Air mengkonfirmasi kebenaran hal itu.

“Betul (pesawat JT0696) kembali ke Cengkareng (Soetta),” kata Humas Lion Air, Andy Saladin, Kamis (15/12). Menurut Andy, pesawat tersebut terpaksa kembali ke tempat asalnya karena ada salah satu lampu indikator pesawat yang terus menyala.
“Ada indikator yang menyala. Demi keselamatan penerbangan pilot memutuskan untuk kembali ke Cengkareng guna dilakukan pengecekan dan perbaikan,” ujar Andy.
Setelah dilakukan pengecekan, para penumpang pesawat JT0696 pun kembali diberangkatkan menggunakan pesawat yang sama pada pukul 19.00 WIB malam. “Sudah dari jam 7 malam,” katanya.
Menurut sejumlah penumpang, pesawat yang mereka naiki itu batal menuju Bandara Juanda karena diduga ban pesawat tak dapat ditarik kembali ke posisi awal. Pesawat JT0696 sendiri take off dari Bandara Soetta pada Kamis pukul 16.50 WIB dan mengudara 30 menit, kemudian kembali ke Jakarta. Tetapi usai mendarat dengan selamat di Jakarta, para penumpang di dalamnya tak diizinkan turun.
“Pilot menyebutkan supaya semua penumpang tetap di tempat duduknya karena pesawatnya sedang dalam perbaikan. Setelah selesai kembali pilot mengumumkan kalau pesawat sudah selesai diperbaiki dan kembali terbang ke Surabaya,” ujar salah seorang penumpang bernama Pardede.