Kamis, 10 November 2016

Pesawat Boeing 777 Beroperasi di Bandara Juanda Tahun 2020

Surabaya – Perusahaan manufaktur Pesawat Boeing mengirim tim teknis pada Rabu (9/11) kemarin untuk menemui manajemen Bandara Internasional Juanda agar memperoleh masukan mengenai pengembangan pesawat jenis terbarunya, yakni Boeing 777.

Pesawat model terbaru Boeing tersebut rencananya akan mulai dioperasikan tahun 2020 mendatang. Tak hanya di Surabaya, tim teknis yang dikepalai Yonglian Ding, Senior Specialist Engineer tersebut juga melakukan kunjungan ke 2 bandara lainnya, yaitu Denpasar dan Jakarta. Kabarnya, Pesawat Boeing 777 juga akan dipakai di Bandara Denpasar dan Jakarta.
Pesawat Boeing 777 kini sedang dalam tahap desain finalisasi dan telah dipesan lebih dari 300 unit untuk berbagai maskapai dunia seperti Qatar Airways, Luthfansa, hingga Cathay Pacific. Dengan adanya pertemuan tersebut, pihak Boeing berharap bisa memperoleh masukan dan menyaksikan langsung seperti apa pengelolaan bandara, teknis bandara, landasan, dan pergerakan apron.
“Pertemuan ini ingin memastikan kesiapan bandara juanda untuk menerima pesawat generasi terbaru Boeing 777 pada tahun 2020,” ujar Yonglian Ding, Senior Specialist Engineer Boeing.
Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengimbau PT Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, dan AirNav Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. “Tahun 2019 target kunjungan wisatawan mancanegara dari Presiden (sebesar) 20 juta. Itu butuh 30 juta seat,” ujar Menpar Arief Yahya.
Menurut Arief, kapasitas kursi pesawat untuk menampung wisman saat ini masih kurang, sebab Indonesia cuma mempunyai kapasitas 20 juta kursi penumpang. “Jumlah itu hanya cukup bisa mendatangkan 12 juta wisman. Sehingga untuk tiga tahun ke depan kita kurang 10 juta. Kalau mau dirata-rata kita kurang 3,3 juta kursi pesawat per tahun,” imbuhnya.
Dengan dioperasikannya pesawat berukuran besar seperti Boeing 777 diharapkan dapat menambah jumlah kapasitas kursi penumpang wisatawan mancanegara ke Indonesia.