Sabtu, 26 November 2016

Penumpang Makin Sepi, Bus Damri Surabaya Andalkan Rute Bandara Juanda

Surabaya – Perusahaan Damri saat ini sedang berjuang untuk kembali meraih masa kejayaannya. Di tengah sepinya penumpang, perusahaan milik negara ini dituntut untuk terus berinovasi dan memberikan layanan yang maksimal untuk penumpang.

GM PT Damri Cabang Surabaya, Purwanto yakin bahwa pihaknya mampu untuk mengembalikan kesuksesan Damri. “Di tengah situasi sepi kami tertolong dengan rute Bandara Juanda,” ujar Purwanto, Jumat (25/11).
Seperti diketahui, saat ini tingkat keterisian (okupansi) penumpang bus Damri rute dalam Kota Surabaya masih belum maksimal. Hanya pada jam-jam tertentu saja bus Damri bisa terisi penuh. Sedangkan bus antar kota antar provinsi yang dulu sempat ditawarkan Damri juga saat ini sudah tidak beroperasi. Tentu saja kini harapan satu-satunya hanyalah Damri rute Juanda.
“Saat ini jarang sekali orang naik bus. Ada motor hingga muncul taksi online. Tidak seperti 10 tahun lalu,” ungkap salah seorang pegawai Damri bernama Gatot.
Sementara itu kini ada sekitar 39 unit bus di rute Terminal Purabaya-Bandara Juanda. Sampai sekarang rute bus tersebut masih ramai lantaran memang menjadi rute yang paling dibutuhkan. “Kalau dalam kota ada layanan parkir gratis di Sidoarjo akan membantu kami. Mereka bisa beralih ke Surabaya naik bus,” ungkap Purwanto.
Jumlah seluruh armada bus di Kota Surabaya ada 163 unit. Sayangnya tidak semua armada beroperasi lantaran jumlah penumpang yang naik bus dari hari ke hari semakin sepi. “Sulit mengajak masyarakat beralih ke transportasi massal. Banyak yang naik mobil sendiri. Inilah tantangan kami,” ucap Purwanto.
Ketika dulu masih berjaya, bus Damri per hari dapat mengangkut hingga 30.000 penumpang. Namun saat ini satu hari saja tak lebih dari 10.000 penumpang. “Kami bisa bertahan dengan situasi sulit ini sudah bagus. Pendapatan kami hanya cukup untuk menggaji 502 karyawan,” beber Purwanto.
Sementara itu Manajer Usaha, Sukirman Zainudin mengaku ada sekitar 20% kondisi bus yang sudah tua. Setidaknya sekitar 18 bus Damri saat ini masih belum dilengkapi AC. “Kami akan remajakan dengan semua bus bakal ber-AC,” tandasnya.