Rabu, 30 November 2016

Garuda Buka Rute Penerbangan Langsung Bandara Juanda-Madinah

Sidoarjo – Mulai Selasa (29/11) kemarin akhirnya dibuka rute penerbangan baru untuk para jamaah umrah dari Bandara Internasional Juanda (SUB) langsung (direct flight) ke Madinah. Dengan adanya rute penerbangan langsung tersebut diharapkan bisa membuat jamaah umrah lebih nyaman lantaran mempersingkat waktu penerbangan menjadi sekitar 10 jam.

Direct flight Surabaya-Madinah tersebut dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia Airlines. Sekitar 339 jamaah umrah dari sejumlah kota di Jawa Timur diberangkatkan oleh Ebad Wisata. “Biasanya, penerbangan jamaah umroh transit ke Bandara Internasional Soekarno Hatta kemudian baru ke Madinah. Dengan penerbangan langsung dari Surabaya ke Madinah ini waktu yang di tempuh jamaah umroh praktis lebih singkat,” ungkap Abdul Malik, pembimbing jamaah umrah Ebad Wisata di Bandara Juanda Terminal 1, Selasa (29/11).
Sayangnya saat pembukaan rute terbaru ini, para jamaah umrah mengalami keterlambatan (delay) hingga pukul 08.45 WIB, padahal mereka dijadwalkan terbang pukul 06.45 WIB. Beberapa jamaah tampak tertidur di lantai sebelum memasuki pintu masuk gate 11-12 khusus untuk pemberangkatan umrah.
“Saya dari Jateng. Sama keluarga jam 02.00 sudah meninggalkan hotel di Surabaya. Tapi tidak apa-apa, duduk-duduk begini bareng-bareng,” ujar salah satu jamaah bernama Mustiningsih.
Staf Garuda ada yang berusaha mengingatkan jamaah untuk duduk di lounge, tetapi beberapa orang menolak. “Iki wis pegel dengkul (Ini sudah capek lututnya). Tidak usah pindah-pindah. Nanti pindah lagi,” ungkap jamaah yang sudah berusia lanjut.