Minggu, 06 November 2016

3 Jenazah TKI Korban Kapal Tenggelam Dipulangkan Lewat Bandara Juanda

Jakarta – Korban kapal speedboat yang tenggelam dari Johor Malaysia ke Batam bertambah. Dalam peristiwa nahas yang membawa penumpang TKI asal Tanah Air tersebut tercatat korban tewas hingga pukul 18.00 WIB berjumlah 38 orang.

Berdasar data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah penumpang yang tenggelam di Perairan Tanjung Bemban, Kepulauan Riau berjumlah 101 orang. “Tidak adanya manifes penumpang kapal menyebabkan pendataan sulit dilakukan dengan baik. Hingga pukul 18.00 WIB, dari 101 orang di kapal terdapat 18 orang meninggal dunia, 39 orang selamat, dan 44 orang masih dalam pencarian,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (2/11).
Tim Disaster Victim Investigation Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menyerahkan 11 jenazah tenaga kerja Indonesia yang menjadi korban ke Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Tanjungpinang, Sabtu (5/11).
Identifikasi jenazah dilakukan dalam 2 tahap. Korban asal Lombok diterbangkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Lombok NTB lewat Bandara Soekarno Hatta Jakarta. “Untuk gelombang 2 diserahkan pukul 09.00 WIB sebanyak 6 Jenazah korban laka laut yg sudah teridentifikasi diterbangkan menuju Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung,” ungkap Kabid Dokkes Polda Kepri sekaligus ketua tim identifikasi AKBP Jarot Wibowo.
Tiga jenazah TKI yang diterbangkan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya antara lain Supriyadi (51) pria asal Kediri, kemudian Maysaro (40) wanita asal Probolinggo, dan Rian Eka Yuniar (31) asal Tulungagung. Hingga kini tim masih berupaya untuk mengidentifikasi jenazah lain dari insiden kapal tenggelam tersebut.