Rabu, 05 Oktober 2016

Tabrak Burung di Bandara Juanda, Pesawat Garuda Tunda Penerbangan

Jakarta – Penerbangan maskapai Garuda Indonesia GA-329 dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur tujuan Jakarta tertunda. Pasalnya, usai lepas landas rupanya pesawat GA-329 menabrak burung dan memutuskan untuk kembali mendarat di Juanda.

“Pesawat B737-800NG take-off dari Juanda pukul 20.30 WIB on time. Lalu mengalami bird strike sehingga kembali ke Bandara Juanda. Kerusakan ditangani dengan melakukan pergantian pesawat,” ujar Vice President Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, Minggu (2/10).
Setelah pergantian pesawat, penerbangan kembali dilakukan pada pukul 23.00. Pergantian pesawat dengan jumlah penumpang 127 orang tersebut dilaksanakan sesuai standar keselamatan dan keamanan.
“Proses pergantian serta penurunan bagasi dan penumpang memang memerlukan waktu, tapi kami tidak bisa mengabaikan faktor safety dan security, sehingga pesawat diganti dulu, barulah terbang kembali,” katanya.
Beruntung karena pesawat yang menabrak burung tersebut tidak mengalami kerusakan parah. Benny mengungkapkan jika pesawat tersebut telah rampung diperbaiki dan sudah kembali dipakai untuk jadwal penerbangan Senin, 3 Oktober 2016 pagi.
“Di kawasan Bandara Juanda memang kerap ada burung beterbangan. Pihak bandara sebetulnya sudah bekerja keras untuk menanganinya,” ujar Benny.