Minggu, 16 Oktober 2016

Kloter Terakhir Jemaah Haji Asal Surabaya Telah Tiba di Bandara Juanda

Surabaya – Pelaksanaan ibadah haji tahun 2016 ini telah selesai. Hanya tersisa jemaah haji dari Probolinggo yang menjadi kloter terakhir asal Jatim yang pulang ke Indonesia pada Sabtu (15/10). Mereka terbang dari Madinah dalam kloter 64.

“Jika tak ada halangan, kloter terakhir jemaah haji Jatim nanti (kemarin) mendarat di Bandara Juanda pukul 13.05 ini,” ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Muhammad Sakur.
Lebih lanjut Sakur menjelaskan bahwa pesawat terbang kloter 64 tersebut berisi 365 jemaah yang seluruhnya dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sama dengan jumlah jemaah saat keberangkatan ke Tanah Suci bulan lalu. “Sekarang jemaah proses pemulangan ke daerah,” tutur Sakur.
Menurut PPIH Embarkasi Surabaya, jumlah jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci mencapai 72 orang. “Satu jemaah dari NTT (Nusa Tenggara Timur), satu orang dari Bali, 70 jemaah asal Jatim,” katanya.
Pelaksanaan haji tahun ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pihak penyelenggara tak menemukan kendala berarti ketika proses pemberangkatan dan juga pemulangan jemaah haji. “Musim haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkap Sakur.
Total jemaah haji embarkasi Surabaya yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2016 ini adalah 28.422 orang dengan rincian 28.103 jemaah haji dan 319 petugas haji. Jika dikurangi 72 jemaah yang meninggal, maka jumlah jemaah dan petugas haji yang pulang ke Indonesia sebanyak 28.350 orang.