Minggu, 30 Oktober 2016

Kenalkan Budaya Indonesia, Bandara Juanda Tampilkan Beragam Kesenian Daerah

Surabaya – Pemerintah sedang giat-giatnya menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Salah satu negara yang tengah menjadi fokus pemerintah adalah wisman asal Saudi Arabia. Pada Rabu (26/10) terdapat 5 wartawan media nasional Saudi Arabia yang datang ke Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Surabaya.

Mereka diundang langsung oleh Konsulat Jenderal RI Jeddah dalam program Journalist Familiarization Trip (Famtrip). Wisman tersebut akan mengunjung 3 provinsi di Indonesia, yaitu NTB, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. “Kami memiliki program untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan Saudi Arabia ke Indonesia dan memperkenalkan potensi daerah sekaligus promosi citra Indonesia di Saudi Arabia,” kata Staf Penerangan KJRI Jeddah, Syarif di Terminal Selatan (T2) Juanda.
Kelima wartawan Saudi Arabia tersebut tertarik dengan salah satu ikon terbaru Bandara Juanda, patung Karapan Sapi Brujul. Mereka menyempatkan diri untuk berfoto-foto di sana sebelum menemui manajemen Angkasa Pura (AP) 1 Juanda.
Selain Karapan Sapi, PT AP I Juanda juga memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada masyarakat dengan menampilkan kesenian Ronteg Singo Ulung di Selasar Lantai 2 di Terminal 1 dan 2 Bandara Juanda.
Ronteg Singo Ulung merupakan seni pertunjukan yang berasal dari cerita rakyat di Desa Blimbing, Kabupaten Bondowoso. Kesenian unik tersebut merepresentasikan seorang tokoh masyarakat yang sakti mandraguna bernama Juseng.
Dengan adanya pagelaran budaya tersebut, pihak PT Angkasa Pura I Juanda berharap para pengunjung Bandara Internasional Juanda dapat mengetahui dan mengenal lebih dekat ragam kesenian yang ada di negara Indonesia.