Selasa, 20 September 2016

Bandara Juanda Sabet Gelar Pelayanan Prima Utama dari Kemenhub

Bandara Internasional Juanda berhasil menyabet gelar Prima Utama dalam Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan tahun 2016. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam sebuah acara di Jakarta, Senin (19/9) kemarin.

“Kami merasa antusias dan menyambut gembira penghargaan ini dan semakin termotivasi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa,” jelas General Manager Bandara Juanda, Yuwono. “Penghargaan pelayanan jasa publik ini didapatkan berkat kerja keras karyawan dan karyawati Bandara Juanda dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.”
Selain Bandara Juanda, tiga bandara lain di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang menerima penghargaan serupa adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Ngurah Rai Bali. Sementara, penghargaan Prima Madya diraih Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Lombok, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Penilaian unit pelayanan publik di bidang perhubungan pada tahun 2016 ini diikuti 156 unit pelayanan publik sektor transportasi. Unit tersebut tersebar di 21 lokasi di Indonesia. Penilaian sendiri dilaksanakan selama tiga bulan, mulai bulan Juni hingga Agustus 2016. Sementara, kriteria penilaian meliputi visi, misi, serta motto pelayanan, standar pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana-prasarana pelayanan, serta penanganan pengaduan.
Sebagai informasi, ajang Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Perhubungan. Penilaian penghargaan dilakukan secara independen oleh tim yang diketuai Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Publik, dan beranggotakan Wakil Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman RI, akademisi, pengamat transportasi, dan jurnalis.