Senin, 22 Agustus 2016

Rampung 2019, Terminal 3 Bandara Juanda Didukung Double Runway

Proyek pembangunan Terminal 3 Bandara Juanda ditargetkan rampung pada tahun 2019 mendatang. Jika proyek tersebut berjalan sesuai jadwal, maka Bandara Juanda bakal mempunyai double runway dan menjadi bandara termegah di Indonesia, mengalahkan Bandara Soekarno-Hatta.

Dilihat dari maket yang saat ini tengah rampung, salah satu sarana utama yang bakal ada di Bandara Juanda adalah double runway, yang memungkinkan untuk aktivitas penerbangan ganda. “Ke depan, memang tuntutan kebutuhan penerbangan makin padat. Jadi, proyek pengembangan Terminal 3 ingin menjawab tuntutan tersebut,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono.
Terminal 3 Bandara Juanda juga bakal dilengkapi dengan 164 garbarata untuk menampung penumpang yang diperkirakan mencapai 70 juta per tahun. Selain itu, terdapat juga kawasan khusus Juanda Airport City, termasuk pusat perbelanjaan dan perkantoran megah. “Proyek Terminal 3 Bandara Juanda ditargetkan sudah rampung pada tahun 2019,” sambungnya.
Terminal 3 Bandara Juanda sendiri rencananya bakal dibangun di sisi timur Terminal 1. Kawasan ini akan lebih menjorok ke laut dengan luas lahan sekitar 6.000 hektar dan menerapkan konsep reklamasi pantai. Dari total lahan tersebut, 2.000 hektar lahan disediakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Pemprov Jatim, sedangkan sisanya menggunakan cara reklamasi.