Kamis, 25 Agustus 2016

Pesawat Rusak, Ratusan Calon Haji Embarkasi Surabaya Gagal Terbang

Sebanyak 445 calon jamaah haji kelompok terbang (kloter) 40 Embarkasi Surabaya yang sedianya berangkat ke Tanah Suci pada hari ini (25/8) melalui Bandara Juanda gagal terbang. Pasalnya, pesawat Saudi Arabia Airlines yang bakal mengangkut calon jamaah haji tersebut mengalami kerusakan pada bagian mesin. 

Sebelumnya, calon jamaah dijadwalkan terbang dari Bandara Juanda menuju Mekah pada Kamis pagi pukul 07.10 WIB. Namun, ketika akan proses naik pesawat, rombongan ini menerima informasi bahwa pesawat dengan nomor lambung SV-5413 yang akan mereka tumpangi mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.
“Memang, jam 7 pagi tadi sudah take off,” terang Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Sakur. “Tetapi, ketika akan naik pesawat, kru mengabarkan bahwa pesawat mengalami kerusakan mesin.”
Karena waktu selesai perbaikan belum bisa dipastikan, petugas PPIH Embarkasi Surabaya bersama kru Saudi Arabia Airlines memutuskan membawa rombongan calon jamaah haji ke salah satu hotel di Surabaya. “Calon jamaah dibawa ke salah satu hotel di Surabaya agar mereka tidak stres dan kelelahan,” sambungnya.
Sementara untuk kepastian kloter 40 berangkat ke Saudi Arabia, Sakur mengatakan pihaknya masih belum mengetahui dan menunggu kabar dari maskapai, apakah didatangkan pesawat cadangan atau dengan cara lain. “Kami tetap berkoordinasi dengan pihak maskapai Saudi Arabia Airlines,” tutupnya.