Selasa, 02 Agustus 2016

Perbaiki Landasan, Bandara Juanda Tutup Penerbangan Malam

Surabaya – Pada Senin (1/8) siang terjadi penumpukan ratusan penumpang di terminal keberangkatan domestik 1 dan 2 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Surabaya. Ratusan penumpang memadati ruang tunggu bandara karena terjadi penundaan (delay) jadwal oleh beberapa maskapai penerbangan.

Penerbangan terpaksa ditunda dikarenakan adanya perbaikan runway atau landasan pacu Bandara Juanda. Oleh sebab itu semua penerbangan malam hari dialihkan ke penerbangan pagi sampai sore hari.
Pengalihan jadwal itulah yang mengakibatkan penerbangan pagi sampai sore hari jadi semakin padat dan ada sebagian jadwal penerbangan yang tertunda.
Penundaan jam keberangkatan pesawat terjadi untuk jurusan Surabaya-Jakarta dan Surabaya-Denpasar.
“Hampir seluruh penerbangan menuju Jakarta maupun Denpasar mengalami delay 1 jam dari jadwal keberangkatan, ini kita juga lagi nunggu,” ujar salah seorang penumpang bernama Joshua.
Karena perbaikan landasan pacu dilaksanakan di atas pukul 22.00 – 05.00 WIB, PT Angkasa Pura I Surabaya pun memutuskan akan menutup penerbangan malam di Bandara Juanda sementara mulai 18 Juli sampai 18 Oktober yang akan datang. Meski begitu, PT AP I tetap bakal menyesuaikan jadwal untuk penerbangan jemaah haji dalam 3 bulan ke depan.
Legal and Communication Head PT Angkasa Pura (AP) I Juanda Liza Anindya mengungkapkan pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang untuk menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan jemaah haji dari Indonesia. “Kami belum tahu jadwal penerbangan untuk embarkasi Surabaya,” ujarnya.
Perbaikan landasan pacu di Bandara Juanda sendiri membutuhkan waktu selama 23 bulan. Panjang runway yang akan diperbaiki adalah 3.000 meter dan dikerjakan tiap dini hari. Tadinya perbaikan direncanakan dimulai bulan Mei, tetapi kemudian mundur sampai awal Juli karena kurangnya persiapan.