Rabu, 03 Agustus 2016

Lion Air Stop Sementara Penerbangan Malam ke Bandara Juanda

Maskapai Lion Air memutuskan untuk menyetop sementara penerbangan malam ke Bandara Juanda. Hal ini berkenaan dengan kejadian delay parah yang dialami maskapai penerbangan tersebut pada Minggu (31/7) lalu karena adanya perbaikan landasan pacu Bandara Juanda.

“Setelah kejadian delay tempo hari, kami memutuskan menyetop sementara penerbangan malam ke Surabaya,” jelas Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait. “Namun, kalau jam operasional Bandara Juanda dibuka lagi hingga pukul 24.00 WIB, kami juga akan beroperasi lagi.”
Sebelumnya, pihak Lion Air mendapat panggilan Kementerian Perhubungan seiring keterlambatan lima penerbangan, dua di antaranya menuju Surabaya, pada Minggu lalu. Salah satu penyebab keterlambatan pesawat tersebut adalah perbaikan landasan pacu Bandara Juanda.
Terkait insiden itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sudah meminta pihak PT Angkasa Pura I untuk menambah jam operasional Bandara Juanda. “Menhub telah memberikan instruksi kepada Angkasa Pura I untuk menambah jam operasional bandara dari awalnya hingga pukul 22.00 WIB menjadi pukul 24.00 WIB,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hemi Pamuraharjo.
Untuk kemungkinan faktor lain, Kementerian Perhubungan masih akan mengevaluasi Lion Air. Sebab dalam kasus ini, hanya maskapai penerbangan tersebut yang mengalami delay akibat perbaikan landasan pacu Bandara Juanda.