Kamis, 04 Agustus 2016

Jam Operasional Bandara Juanda Ditambah hingga Pukul 24.00 WIB

PT Angkasa Pura I akhirnya menambah jadwal operasional Bandara Juanda dari sebelumnya pukul 22.00 WIB menjadi hingga pukul 24.00 WIB. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Perhubungan akibat keluhan berkurangnya penerbangan malam dari sejumlah maskapai.

“Jadi, memang ada harapan dari teman-teman airlines yang memiliki flight malam, bahwa akibat pembatasan waktu operasi, membuat beberapa penerbangan menjadi berkurang,” jelas Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo. “Namun, keputusan untuk menambah jam operasional Juanda tidak terkait dengan kejadian delay pesawat Lion Air tempo hari.”
Seperti diketahui, dua penerbangan Lion Air menuju Surabaya mengalami keterlambatan parah pada Minggu (31/7) lalu. Salah satu penyebab keterlambatan maskapai itu adalah pengurangan jam operasional Bandara Juanda imbas perbaikan landasan pacu bandara tersebut.
Terpisah, General Manager Bandara Juanda, Yuwono, juga membenarkan bahwa perbaikan landasan pacu Bandara Juanda kini dilakukan sejak pukul 24.00 hingga pukul 05.00 WIB. “Sebelumnya, dari pukul 22.00 hingga pukul 05.00 WIB,” ujarnya.
“Perubahan jadwal tersebut setelah adanya revisi Notice to Airman (Notam) terkait Work in Progress (WIP) perbaikan landasan pacu,” sambung Yuwono. “Tetapi, pembatasan jadwal tersebut tidak berlaku bagi penerbangan haji dan evakuasi medis helikopter.”