Selasa, 30 Agustus 2016

Dukung Fasilitas Bandara Juanda, AP I Latih Kendaraan Runway Terbaru

Guna meningkatkan kesiapan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) di Bandara Internasional Juanda, Selasa (30/8) ini PT Angkasa Pura I Juanda selaku operator bandara melakukan pelatihan teknik kendaraan runway sweeper. Sebanyak 10 orang pegawai Dinas Landasan PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Juanda menjalani pelatihan teknik terhadap kendaraan runway sweeper terbaru tersebut.

Pelatihan teknik kendaraan runway sweeper itu sendiri dilakukan di pool kendaraan Bandara Juanda. Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono, pelatihan teknik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan fasilitas dan SDM PT Angkasa Pura I Juanda. “Dengan tambahan kendaraan runway sweeper baru, sekarang sudah ada 3 kendaraan yang selalu stand by untuk keselamatan penerbangan di Bandara Juanda,” kata Yuwono.
Selain untuk meningkatkan fasilitas, ditambahkan Yuwono, pelatihan teknis ini juga difungsikan untuk mendukung kegiatan perbaikan landasan bandara yang saat ini tengah berlangsung. “Pelatihan teknis ini juga untuk menyokong proyek perbaikan landasan pacu yang kini tengah berlangsung,” sambung Yuwono.
Landasan pacu (runway) Bandara Juanda sendiri saat ini memang sedang diperbaiki. Perbaikan landasan pacu itu sudah dimulai pada tanggal 18 Juli lalu dan dijadwalkan rampung pada 16 Desember 2019 mendatang. Untuk tahap awal, proyek itu akan dikerjakan dalam waktu tiga bulan dan selesai pada 17 Oktober mendatang untuk kemudian dievaluasi lebih lanjut.
Sejak pertama kali beroperasi hingga sekarang, landasan pacu Bandara Juanda masih memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Meski sudah cukup lama, namun landasan pacu ini masih memenuhi standar internasional dan mampu didarati pesawat besar jenis Boeing 747 atau Airbus 330.