Minggu, 24 Juli 2016

Tahap Pertama Overlay Bandara Juanda Berlangsung Tiga Bulan

Proyek overlay untuk memperbaiki landasan pacu Bandara Juanda ternyata akan dilangsungkan secara bertahap. Untuk tahap pertama, proyek ini dijadwalkan mulai 18 Juli hingga 17 Oktober mendatang. 

“Untuk tahun ini, pengerjaan overlay di Bandara Juanda kurang lebih tiga bulan,” terang Sekretaris PT Angkasa Pura I, Farid Nugraha. “Setelah itu, kami akan melihat lagi kondisinya, kapan pengerjaan overlay Bandara Juanda akan dilakukan kembali.”
PT Angkasa Pura I sendiri telah menganggarkan dana sebesar Rp94,5 miliar untuk perbaikan landasan pacu Bandara Juanda. Dan untuk tahun ini, diputuskan untuk dilakukan overlay runway sepanjang 3 km dan lebar 45 meter.
Dampak dari proyek overlay tersebut, Bandara Juanda terpaksa ditutup setiap hari mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Penutupan bandara tersebut otomatis mengganggu setidaknya 47 jadwal penerbangan.
“Lima bulan lalu telah kami sampaikan ke maskapai atas rencana overlay ini,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono. “Dan, maskapai pun merespon dengan melakukan reschedule penerbangan malam, salah satunya memajukan penerbangan tengah malam ke penerbangan sore.”
Bongkar total runway dilakukan mengingat saat ini kerap ditemui landasan rusak. “Overlay ini harus segera dilakukan untuk keselamatan penerbangan secara keseluruhan,” pungkas Yuwono.