Senin, 18 Juli 2016

Runway Mulai Dibongkar, Penerbangan di Bandara Juanda Terganggu Selama Dua Tahun

Proyek pembongkaran dan perbaikan runway (overlay) Bandara Juanda dijadwalkan akan dimulai pada Senin (18/7) malam nanti. Jika merujuk rencana awal, aktivitas penerbangan di Bandara Juanda berpotensi terganggu, setidaknya selama hampir dua tahun ke depan.

Sesuai rencana, overlay tersebut akan dilakukan mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB setiap harinya. Pada rentang waktu tersebut, tidak boleh lagi ada pesawat yang take-off maupun landing. Semua aktivitas pesawat pada jam-jam tersebut akan digagalkan.
“Kami telah menggelar koordinasi dengan pelaksana proyek overlay itu pada Jumat (15/7) kemarin,” ujar Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Juanda, Haruman Sulaksono. “Senin ini akan diyakinkan kembali untuk mengecek kesiapan terakhir.”
Sebelumnya, PT Angkasa Pura I juga telah memanggil semua maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Juanda. Segala kemungkinan dan dampak dibicarakan karena hampir dua tahun, runway bandara tersebut akan dibongkar total.
Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono, proyek perbaikan runway tersebut memang bersifat emergency. Pasalnya, kondisi runway dengan lebar sekitar 60 meter itu sudah tidak bisa lagi mengandalkan maintenance tambal sulam. “Mendesak demi kepentingan keselamatan penerbangan yang lebih besar,” kata Yuwono.
Perbaikan runway Bandara Juanda dijadwalkan rampung pada tahun 2018 mendatang. Waktu pengerjaan overlay ini lebih pendek dari jadwal semula, yaitu 38 bulan atau tiga tahun lebih.