Selasa, 19 Juli 2016

Proyek Overlay Bandara Juanda Tak Ganggu Penerbangan Haji

Jadwal penerbangan di Bandara Juanda memang dipastikan terganggu karena ada proyek overlay landasan pacu yang sudah dimulai pada Senin (18/7) kemarin. Namun, pihak PT Angkasa Pura I selaku operator bandara memastikan, perbaikan landasan pacu tersebut tidak akan memengaruhi jadwal penerbangan haji di tahun ini.

Sebelumnya, setidaknya 46 jadwal penerbangan di Bandara Juanda dipastikan terganggu karena adanya proyek overlay landasan pacu. Landasan pacu sendiri diperbaiki setiap hari mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB dan dijadwalkan berlangsung selama kurang lebih 38 bulan.
“Untuk musim haji, kami menyadari bahwa ini adalah kegiatan nasional,” kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Juanda, Haruman Sulaksono. “Jadi, sudah ada rapat antara manajemen Angkasa Pura I dengan pelaksana proyek dan airlines serta regulator.”
Ditambahkan Haruman, semua pihak sudah sepakat bahwa untuk kegiatan haji tersebut, akan diakomodasi. Dalam artian, ketika ada penerbangan haji, pelaksanaan proyek yang menyesuaikan. “Flight lain otomatis terganggu, kecuali untuk kegiatan haji dan medical emergency melalui helikopter,” sambungnya.
“Sebenarnya, overlay ini sudah diagendakan sejak 1 Mei lalu,” lanjut Haruman. “Namun karena ada sesuatu hal, jadwal molor dan baru terlaksana mulai Senin kemarin hingga 38 bulan ke depan.”