Sabtu, 30 Juli 2016

Penerapan Bebas Visa, Kunjungan WNA via Bandara Juanda Makin Meningkat

Kunjungan wisatawan asing ke Indonesia yang melalui Bandara Juanda semakin meningkat. Ini berasal dari asumsi Bandara Juanda rata-rata per hari mengoperasikan 17 penerbangan internasional dengan jumlah 4.000 penumpang yang masuk dan keluar dari dan ke wilayah Indonesia.

“Kunjungan wisatawan asing ke Indonesia melalui Bandara Juanda memang makin meningkat melihat pengoperasian 17 penerbangan internasional di bandara tersebut setiap harinya,” terang Kakanwil Kemenkumham Jatim, Budi Sulaksana. “Peningkatan kunjungan ini seiring diberlakukannya Perpres No. 21/2016 mengenai penetapan bebas visa kunjungan bagi 169 negara sejak 2015 lalu.”



Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengenai warga negara asing, Rabu (27/7) kemarin, Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi telah meresmikan Satuan Tugas Pengawasan Orang Asing (Satgas Pora) di Bandara Juanda. Satgas Pora ini melibatkan sejumlah unsur instansi militer maupun sipil, termasuk PT Angkasa Pura I selaku operator bandara dan juga TNI AL.

“Ini merupakan upaya dari Kemenkumham untuk bisa menekan tindak kriminalitas ataupun jenis pelanggaran lainnya yang dilakukan warga negara asing di Indonesia,” terang Dirjen Kementerian Hukum dan HAM, Ronnie Sompie. “Pembentukan Satgas Pora ini juga sebagai wujud keseriusan untuk melakukan upaya pencegahan agar WNA tidak melakukan pelanggaran selama tinggal di Indonesia.”