Rabu, 15 Juni 2016

Sambut Lebaran, Jadwal Penerbangan Juanda-Bawean Bakal Ditambah

Menyambut arus mudik Lebaran tahun ini, jadwal penerbangan perintis yang menghubungkan Bandara Juanda dengan Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, akan ditambah menjadi tiga kali dalam sepekan. Rencananya, jadwal tambahan itu resmi dioperasikan pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Sebelumnya, jadwal penerbangan dari Bandara Juanda ke Bandara Harun Thohir di Bawean hanya dilakukan dua kali dalam sepekan, yaitu pada hari Selasa dan Kamis. “Kami sudah mengirimkan surat permohonan (penambahan jadwal) ke Kementerian Perhubungan,” jelas Kepala Unit Pelaksana Klas III Bandara Trunojoyo, Wahyu Siswono.
Menurut Wahyu, sejak Bandara Harun Thohir resmi dibuka pada Januari 2016 lalu, animo masyarakat terhadap penerbangan perintis Surabaya-Bawean ternyata cukup tinggi. “Peningkatan penumpang pesawat diperkirakan terjadi pada H-7 dan H+7. Jadi, kami berharap penambahan jadwal penerbangan tersebut disetujui,” sambung Wahyu.
Sementara untuk tiket pesawat, Wahyu menjamin tidak ada kenaikan meski ramai menjelang Lebaran. Tarif sekali perjalanan dari Bandara Harun Thohir ke Bandara Juanda ditetapkan sebesar Rp302.200. Sementara untuk rute sebaliknya, ditetapkan Rp244.200. Tarif tersebut sudah termasuk komponen PPN 10 persen, iuran wajib pesawat udara (IWPU), dan tarif pelayanan jasa penumpang udara (PJP2U).
Penerbangan rute Surabaya-Bawean saat ini dioperasikan maskapai Airfast Indonesia. Menggunakan pesawat perintis jenis DHC 6 Twin Otter Seri 300, penerbangan ini mampu mengangkut sebanyak 13 penumpang.