Kamis, 30 Juni 2016

Puncak Arus Mudik di Bandara Juanda Mulai Jumat (1/7)

Puluhan ribu pemudik mulai memadati Bandara Internasional Juanda sepekan jelang Lebaran. Diprediksi, puncak arus mudik di salah satu bandara terbesar di Indonesia tersebut terjadi mulai Jumat (1/7) besok.

Arus penumpang di Bandara Juanda, terutama untuk penerbangan domestik, terus meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hingga Rabu (29/6) dini hari, total penumpang sudah mencapai 53.339 orang.
“Kami belum memperbarui pergerakan penumpang hari ini,” ujar Humas PT Angkasa Pura I Juanda, Liza Anindya. “Yang jelas, hingga penerbangan terakhir Rabu dini hari, sudah di atas 50.000 penumpang.”
Peningkatan arus penumpang juga terjadi di kedatangan internasional. Hingga Senin (27/6) lalu, tercatat kedatangan penumpang dari luar negeri meningkat sekitar 18 persen. Sementara, pergerakan pesawat internasional terpantau sebanyak 33 pesawat atau naik 10 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
“Sebagian dari penumpang internasional itu bisa jadi TKI yang mau mudik,” sambung Liza. “Beberapa hari terakhir memang ada peningkatan penumpang yang datang di penerbangan internasional.”
Selama arus mudik Lebaran tahun ini, Bandara Juanda diprediksi akan dipadati sekitar 60.000 penumpang tiap hari. Jumlah ini meningkat sekitar 8 hingga 14 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.