Senin, 27 Juni 2016

Persiapan Lebaran, Menteri Jonan: Bandara Juanda Oke

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, memuji persiapan Bandara Juanda dalam menyongsong arus mudik Lebaran tahun ini. Pujian ini diberikan Jonan ketika melakukan inspeksi mendadak di bandara tersebut pada Sabtu (25/6) malam kemarin.

Beberapa hal yang mendapat pujian dari Jonan adalah kerjasama keamanan dan pengumuman tarif batas atas dan batas bawah kelas ekonomi yang dipasang secara permanen. “Saya kira Bandara Juanda oke. Tidak ada yang perlu ditanyakan kekurangannya, tinggal pelayanannya yang harus ditingkatkan,” kata Jonan.
Ditambahkan Jonan, meski merupakan enclave sipil, namun Juanda merupakan bandara yang efisien dengan memiliki satu runway serta 2 taxiway dan 2 apron. Karena itu, menurutnya pengembangan bandara melalui hasil reklamasi dirasa kurang tepat. “Memerlukan waktu lebih dari 20 tahun untuk memadatkan lahan hasil reklamasi,” ujarnya.
Terpisah, Human Capital and General Affair Director PT Angkasa Pura I, Adi Nugroho, mengatakan pihaknya telah menerjunkan 850 personel gabungan untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. “Kami juga sudah melakukan penyisiran secara intensif, termasuk kesiapan landasan pacu maupun kesiapan ground support equipment, juga kendaraan dari dan ke bandara,” jelasnya.