Selasa, 21 Juni 2016

Penumpang Naik 5 Persen, Bandara Juanda Siapkan 39 Extra Flight

Jumlah penumpang yang memadati Bandara Juanda pada arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat lima persen. Karena itu, PT Angkasa Pura I selaku operator Bandara Juanda telah menerima 39 pengajuan extra flight untuk melayani penumpang yang akan mudik.

Namun, jumlah penerbangan tambahan di bandara ini relatif stagnan dibandingkan tahun lalu. Pada Lebaran tahun 2015, ada sekitar 40 extra flight yang diajukan sejumlah maskapai penerbangan. “Hingga saat ini, sudah ada 39 pengajuan extra flight dari berbagai maskapai,” jelas Manajer Operasi PT Angkasa Pura I Juanda, Haruman Sulaksono.
“Saya memprediksi mudik tahun ini meningkat, tetapi tidak banyak,” sambungnya. “Karena, bersamaan dengan awal kuliah dan awal masuk sekolah.”
Sejumlah rute yang paling banyak diajukan extra flight adalah rute Surabaya-Jakarta PP, Surabaya-Denpasar PP, dan Surabaya-Balikpapan PP. Sementara, maskapai yang telah mengajukan jadwal tambahan di antaranya Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, dan Batik Air.
Untuk Lebaran tahun ini, diperkirakan penumpang yang memadati Bandara Juanda mencapai 1,3 juta orang mulai H-7 hingga H+7. Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu, jumlah penumpang mencapai 1,2 juta orang.
“Kami tetap harus mengutamakan kenyamanan penumpang,” terang General Manajer PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono. “Semua gate akan dibuka dengan ruang tunggu yang memadai.”