Selasa, 14 Juni 2016

Pangkas Antrean, Tol Menuju Bandara Juanda Terapkan Pembayaran E-Payment

Untuk mengantisipasi antrean panjang selama arus mudik dan arus balik Lebaran, PT Citra Margatama Surabaya (PT CMS) merilis pembayaran non-tunai di Gerbang Tol Menanggal, ruas tol Waru-Juanda. CMS pun menggandeng BRI untuk mengelola jalan bebas hambatan menuju Bandara Juanda dengan sistem e-payment multibank. 

Dengan pembayaran sistem non-tunai ini, antrean panjang yang kerap terjadi selama arus mudik dan arus balik Lebaran diharapkan bisa berkurang. “Dengan layanan e-payment ini, akses masuk ke jalan tol akan lebih cepat dan tidak membuat jengkel para antrean di belakang,” papar Direktur Utama PT CMS, Suarmin Tioniwar.
Saat ini, ruas jalan tol Waru-Juanda adalah satu-satunya e-payment yang menerapkan multibank. Ruas tol lain belum multibank. Sebelumnya, BCA dengan FLAZZ lebih dulu memberikan layanan e-payment di ruas tol menuju Bandara Juanda ini.
Karena nilai manfaat itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mendesak agar semua ruas tol mengadopsi e-payment. Electronic toll collection untuk semua ruas tol didesak harus direalisasikan tahun 2016 ini. “Kami harapkan pada tahun 2016 ini sudah harus bisa cashless di gerbang-gerbang tol,” kata Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna.
Transaksi non-tunai di jalan tol memang akan berkontribusi langsung terhadap arus kendaraan. Masyarakat pengguna jalan tol akan lebih cepat dalam melakukan pembayaran di pintu tol. “Layanan pembayaran  non-tunai ini memang sangat membantu, selain untuk meredakan potensi peredaran uang palsu,” terang Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Syarifuddin Basara.