Kamis, 02 Juni 2016

Jelang Lebaran, Petugas Bandara Juanda Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Jelang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, semua petugas, mulai pemadam kebakaran khusus bandara, Basarnas, polisi, TNI, hingga aviation security mengikuti simulasi penanggulangan keadaan darurat di Bandara Juanda, pada hari Kamis (2/6). Simulasi dan latihan ini untuk memastikan kesiapan petugas aircraft incident, building fire, dan aviation security exercise selama Lebaran.

“Simulasi ini digelar setiap dua tahun pada masing-masing bandara,” jelas General Manajer PT Angkasa Pura I Juanda, Kolonel (L) Yuwono. “Hal ini untuk kesiapan petugas menanggulangi keadaan darurat ketika pesawat jatuh.
Dalam kegiatan simulasi tersebut, sebuah miniatur pesawat Angkasa Air tipe Airbus A-330 juga telah disiapkan. Demikian juga dengan 195 penumpang yang diperankan oleh para petugas. Tampak pesawat mengalami downdraft yang mengakibatkan ledakan api dan asap hitam.
Simulasi ini sendiri dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sejumlah tim penilai dari semua bandara di Indonesia juga terlihat hadir di Bandara Juanda.