Selasa, 07 Juni 2016

Jalan Tembus T1 ke T2 Bandara Juanda Mustahil Dioperasikan Untuk Arus Mudik

Jalan tembus dari Tol Waru yang menghubungkan Terminal 1 dengan Terminal 2 Bandara Juanda yang sedianya bakal dioperasikan untuk memfasilitasi arus mudik selama Lebaran tahun ini tampaknya gagal terwujud. Pasalnya, hingga saat ini, pengerjaan proyek jalan tembus itu masih sekitar 60 persen dan masih berkutat pada pengecoran menutup sungai.

Menurut Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Juanda, Haruman, proyek jalan tembus ini dijadwalkan akan selesai pada bulan Juli. “Diharapkan, saat itu juga, jalan tembus tersebut bisa dioperasikan untuk mudik. Kami berharap itu akan terealisasi,” ujar Haruman.
Proyek itu sendiri sudah dilaksanakan sejak Februari lalu. Menurut jadwal, proyek dengan membuat jembatan di atas sungai milik Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tersebut bisa tuntas pada bulan Juli, sehingga masyarakat bisa menggunakan jalan tembus itu untuk mudik. “Tidak bisa kalau awal Juli selesai,” kata salah satu petugas proyek.
Terpisah, General Manajer PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono, menjelaskan bahwa jalan tembus tersebut nantinya belum sepenuhnya digunakan untuk jalur umum. Hanya mobil pribadi yang menuju Terminal 2 yang boleh memanfaatkan jalan tembus tersebut.
“Hanya mobil yang hendak ke Terminal 2 yang boleh melintas,” katanya. “Untuk mobil yang selesai mengantar ke Terminal 2, silakan gunakan jalur umum ke Kampung Sedati.”