Senin, 13 Juni 2016

Bertepatan Liburan, Perbaikan Landasan Pacu Bandara Juanda Terancam Molor

Rencana proyek perbaikan landasan pacu Bandara Juanda yang sedianya bakal dilaksanakan pada bulan Juli mendatang terancam batal. Pasalnya, lalu lintas pada bulan Juli tersebut sangat padat seiring dengan musim liburan Lebaran dan sekolah. Karena itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga kemungkinan besar meminta layanan penerbangan di bandara ini dibuka selama 24 jam.

Sebelumnya, sesuai jadwal, jika perbaikan landasan pacu jadi dilaksanakan, layanan penerbangan akan berlangsung mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ini artinya, sekitar enam jam Bandara Juanda ditutup untuk perbaikan.
“Penundaan perbaikan bergantung pada kebijakan pemerintah pusat,” terang Direktur Operasional PT Angkasa Pura I Juanda, Haruman. “Biasanya, menjelang mudik Lebaran dan libur sekolah, Dirjen Perhubungan Udara mengeluarkan kebijakan layanan 24 jam.”
Selain itu, Dirjen Penerbangan Udara juga sudah mulai mengeluarkan draf penerbangan tambahan. Dan saat ini, sudah ada delapan maskapai penerbangan yang mengajukan extra flight di Bandara Juanda sehingga sangat mungkin layanan harus dibuka selama 24 jam.
Ini artinya, tambah Haruman, PT Angkasa Pura I tidak memiliki waktu untuk perbaikan landasan pacu. “Padahal, perbaikan sudah siap dilaksanakan. Semua perangkat dan bahan untuk memperbaiki landasan pacu juga sudah ada. Tinggal menunggu pelaksanaan yang direncanakan Juli,” sambung Haruman.
“Perbaikan landasan pacu ini sangat penting,” imbuh Haruman. “Karena, umur landasan pacu sepanjang tiga kilometer itu sudah tua.”
Sebelumnya, pelaksanaan perbaikan landasan pacu dijadwalkan dimulai pada Mei lalu. Namun karena belum siap, PT Angkasa Pura I pun menunda hingga Juli. Rencananya, perbaikan ini akan rampung pada 2018 mendatang. “Jika kembali urung, itu berarti sudah terjadi dua kali penundaan,” tutupnya.