Senin, 02 Mei 2016

Terminal 3 Bandara Juanda Bakal Dibangun, Usung Konsep Airport City

Karena Terminal 1 dan Terminal 2 dirasa telah kelebihan beban, PT Angkasa Pura I pun bersiap membangun Terminal 3 di Bandara Internasional Juanda. Rencananya, pembangunan Terminal 3 Bandara Juanda akan mengadopsi konsep pembangunan kota bandara (Airport City) seperti di Singapura dan Thailand.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, konsep pengembangan Airport City di Bandara Juanda akan diterapkan pada 2019 mendatang. ”Nantinya, Airport City yang menjadi Terminal 3 di Bandara Juanda terdiri dari 5 lantai. Satu lantai di antaranya berada di bawah tanah. Tujuannya, untuk mengurangi kepadatan di pintu kedatangan atau pintu keluar,” papar pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu.
“Para pengantar penumpang ini nantinya ditempatkan di lantai dasar bawah tanah,” sambungnya. “Jadi, hanya penumpang pesawat saja yang boleh memasuki area kedatangan atau keberangkatan pesawat.”
Ia menambahkan, lantai 1, 2, dan 3 akan diperuntukkan pusat perbelanjaan. Di area itu, hanya ada produk tingkat dunia yang diperdagangkan kepada pengunjung, selain beberapa produk UMKM asal Jawa Timur. “Jadi, tidak akan ada lagi rombongan orang mengantar ke bandara. Pengantar cukup di bawah saja,” katanya.
Soekarwo berharap, proyek pembangunan Terminal 3 serta dua runway baru Bandara Internasional Juanda bisa dimulai pada triwulan III 2016. Ia juga meminta penyusunan rencana tata ruang dan wilayah serta izin penggunaan lahan terkait dengan perluasan Bandara Juanda segera diselesaikan.