Selasa, 24 Mei 2016

Juli 2016, Tarif Tol Waru-Bandara Juanda Naik

Pada bulan Juli 2016 mendatang, tarif jalan tol yang menghubungkan Waru dengan Bandara Juanda direncanakan mengalami kenaikan. Namun hingga sekarang, pengelola tol Waru-Juanda belum bisa memastikan besaran kenaikan tarif tol. Tarif tol ini diramal akan mengalami kenaikan sebesar 10 persen, dari Rp7.000 menjadi Rp7.700, atau jika dibulatkan menjadi Rp8.000.

Spanduk pengumuman rencana kenaikan tarif tol Waru-Juanda sendiri sudah dipasang di gerbang tol sejak Senin (23/5) kemarin. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol.
“Namun, penyesuaian tarif tol sepenuhnya ada di tangan Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat selaku regulator jalan tol,” jelas Humas PT Citra Margatama Surabaya, Zulkhoir. “Karena itu, kami masih menunggu kepastian teknisnya.”
Setiap pengelola tol sendiri harus memenuhi standar pelayanan minimum (SPM). Hal ini sesuai isyarat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Nantinya, badan ini pula yang memiliki otoritas penyesuaian atau kenaikan tarif tol. Dan, hampir semua pengelola tol berhak menaikkan tarif tol setiap dua tahun sekali.