Kamis, 26 Mei 2016

Jelang Lebaran, Dua Maskapai Ajukan Tambahan Jam Terbang di Bandara Juanda

Jelang mudik Lebaran atau Idul Fitri, dua maskapai penerbangan telah resmi mengajukan izin penambahan jadwal terbang (extra flight) di Bandara Juanda. Kedua maskapai yang mengajukan tambahan jadwal tersebut adalah AirAsia dan Batik Air.

Menurut Manajer Operasional PT Angkasa Pura I, Haruman Sulaksono, dua maskapai itu mengajukan penerbangan non-reguler. Mereka meminta jam tambahan untuk beberapa rute. “Sampai menjelang bulan Ramadan ini, baru dua airlines yang mengajukan extra flight, yakni AirAsia dan Batik Air,” terang Haruman.
Menurut catatan Haruman, maskapai AirAsia mengajukan penambahan jam terbang rute Surabaya-Denpasar untuk tanggal 4 Juli hingga 6 Juli 2016. Sementara untuk Batik Air, telah mengajukan penambahan rute Surabaya-Jakarta pergi-pulang. “Sesuai data yang masuk, Batik Air mengajukan extra flight untuk penerbangan pada 24 Juni sampai18 Juli 2016,” sambung Haruman.
Namun, dua izin tersebut belum tentu disetujui. Pasalnya, pihak yang mengeluarkan izin adalah Direktorat Jenderal Angkutan Udara Kementerian Perhubungan. “Kalau ada yang kosong, bisa dimasukkan. Karena itu, kepastian masih menunggu evaluasi,” terang Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar.