Selasa, 10 Mei 2016

46 Jadwal Penerbangan Terganggu Akibat Perbaikan Runway Bandara Juanda

Rencana PT Angkasa Pura I untuk melakukan pengaspalan ulang (overlay) runway Bandara Juanda otomatis akan mengganggu sejumlah penerbangan. Diperkirakan, 46 penerbangan (dengan rincian 41 penerbangan domestik dan lima penerbangan internasional) akan terganggu selama proses proyek yang direncanakan akan berlangsung 23 bulan tersebut.

Memang, selama masa pembongkaran, Bandara Juanda tidak akan ditutup total. Pihak pengelola hanya akan melakukan penjadwalan ulang penerbangan jika memungkinkan. Selain itu, Bandara Juanda hanya akan tutup mulai pukul 22.00 hingga 05.00 selama pengerjaan overlay seperti lima tahun lalu.
“Perbaikan itu tak akan sampai menutup landasan selama dua tahun,” jelas General Manager Bandara Juanda, Yuwono. “Kami membongkar per titik cukup 10 menit, kering dan sudah rata dengan runway lama.”
Ditambahkan Yuwono, langkah perbaikan tersebut merupakan upaya mengedepankan keselamatan penerbangan. “Pengaspalan dilakukan secara menyeluruh agar landasan kembali mulus. Dengan begitu, proses landing maupun take off akan berjalan dengan baik,” lanjutnya.
Awalnya, proyek pengaspalan ulang lapisan landasan sepanjang 3 km tersebut akan dilakukan awal Mei ini. Namun, karena ada beberapa alasan, proyek tersebut terpaksa diundur dan dijadwalkan mulai dikerjakan awal Juli tahun ini.
“Kami telah melakukan jadwal ulang penerbangan di jam-jam (proyek) itu,” papar perwakilan Citilink, Soedjako Dalijo. “Sekarang overlay ditunda sehingga kami harus memberitahukan kembali kepada customer.”